keputusan Pembelian

keputusan Pembelian

Keputusan konsumen sebenarnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan. Menurut Basu Swasta DH dan Irwan,(1993) keputusan membeli mempunyai struktur yang terdiri dari tujuh komponen, yaitu:
1.Keputusan tentang jenis produk:
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk atau mungkin menggunakan uangnya untuk tujuan lain. Dalam hal ini perusahaan harus memusatkan perhatianya kepada calon pembeli yang berminat membeli produk serta alternatif lain yang mereka pertimbangkan.
2.Keputusan tentang bentuk produk
Konsumen dapat menggambil keputusan untuk membeli bentuk produk tertentu. Keputusan tersebut menyangkut ukuran, mutu produk, corak dan sebagainya. Dalam hal ini perusahaan harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk bersangkutan agar dapat memaksimumkan daya tarik produknya.
3.Keputusan tentang merk
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk nama yang akan dibeli. Setiap merk mempunyai perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.
4.Keputusan tentang penjualan
Konsumen harus mengambil keputusan dimana produk tersebut akan dibeli. Dalam hal ini produsen, pedagang besar dan pengecer harus mengetahui bagaimana konsumen memilih penjualan tertentu.
5.Konsuman tentang jumlah produk
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu saat. Mungkin saja konsumen akan membeli lebih dari satu unit. Dalam hal ini perusahaan harus mempersiapkan banyaknya produk yang meu dijual sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari pembeli.
6.Keputusan tentang waktu pembelian Konsumen dapat mengabulkan keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian.
7.Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen harus mengambil keputusan tentang metode atau cara pembayaran produk yang dibeli apakah secara tunai atau dengan cicilan.

Untuk mengidentifikasi keputusan konsumen dalam melakukan suatu pembelian terdapat 5 peran, yaitu:
1.Orang yang mengambil inisiatif (initiator)
Yaitu orang yang pertama kali menyarankan membeli suatu produk atau jasa tertentu.
2.Orang yang mempengaruhi (Influencer)
Yaitu seseorang yang pandangan atau nasihatnya memiliki pengaruh terhadap keputusan akhir.
3.Orang yang mengambil keputusan (Decider)
Yaitu orang yang memutuskan pada salah satu atau seluruh komponen atau keputusan pembeli, apakah membeli atau tidak, apakah yang akan dibeli, bagaimana membelinya, atau dimana membelinya.
4.Orang yang membeli (Buary)
Yaitu orang yang akan melakukan pembelian sesungguhnya.
5.Orang yang memekai (User)
Yaitu orang yang akan mengkonsumsikan atau memakai produk atau jasa.