Paragraf 1

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN JASA TRANSPORTASI PT. GARUDA INDONESIA

Perkembangan perekonomian di Indonesia dewasa ini cenderung telah mengalami pemulihan yang cukup siognifikan dibandingkan awal terjadinya krisis moneter dan krisis ekonomi di era tahun 1997an. Pada saat ini keadaan ekonomi cenderung stabil walau kadang masih terjadi beberapa ketimpangan dibeberapa bidang ekonomi karena terpengaruh oleh beberapa hal seperti iklim politik dan kondisi lingkungan perdagangan internasional yang terkait dengan negara Indonesia.
Seiring dengan pulihnya perekonomian di negara-negara Asia terutama yang terkena dampak langsung krisis ekonomi, dan didorong oleh pencananaan era perdagangan bebas 2003, maka perusahaan mulai berusaha untuk memenangkan persaingan dengan para kompetitornya.
Masuknya kompetitor dari luar negeri ataupun tumbuhnya industri dalam negeri mendorong setiap perusahaan terutama perusahaan jasa untuk sebisa mungkin untuk mengoptimalkan pelayanannya kepada konsumen. Peningkatan pelayanan konsumen ini diperlukan karena perusahaan jasa meruopakan perusahaan yang harus didukung pelayanaan yang memuaskan konsumen karena mereka lebih cenderung memasarkan jasa daripada produknya, dimana produk jasa merupakan salah satu produk perusahaan yang tidak dapat dinilai dari segi fisik namun produk jasa akan dinilai melalui persepsi konsumen terhadap pelayanan perusahaan.