LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan suatu proses penyampaian barang dan jasa yang ditawarkan,sesuai dengan tingkah laku atau keinginan kemanusiaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, sehingga pemasaran merupakan faktor penting dalam proses pemenuhan kepuasan konsumen. Banyak definisi pemasaran dikemukakan oleh para ahli, definisi tersebut antara lain dikemukakan oleh:
1. William J. Stanton (dalam buku Basu Swasta, 1997:4) adalah sebagai berikut:
”Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial” (Basu Swasta DH,1991 : 5)
2. Basu Swasta memberikan pendapat sebagai berikut:
”Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran” (Basu Swasta DH dan Irawan, 1993 : 5)
Dari dua definisi datas dapat ditrangkan bahwa arti pemasaran adalah mencakup usaha perusahaan, dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen agar konsumen puas, menentukan jenis produk, menentukan harga yang sesuai, serta kegiatan promosi dan penyalurannya ke calon konsumen.