Orientasi Perusahaan Terhadap Konsumen

F.Orientasi Perusahaan Terhadap Konsumen


Orientasi perusahaan pada dasarnya adalah menitik beratkan pada pangsa pasar menengah keatas. Pangsa pasar ini menurut Garuda Indonesia sangat potensial dikarenakan konsumen dari perusahaan penerbangan adalah orang-orang yang memang membutuhkan kecepatan, ketepatan, keamanan dan keselamatan perjalanan bisnis mereka.
Dari Business Plan yang dibuat oleh Garuda Indonesia Yogyakarta maka segmentasi pasar di Yogyakarta dapat dipromosikan sebagai berikut:
1. Konsumen business (Business passengers) diperkirakan 25%
2. Wisatawan manca Negara dan nusantara diperkirakan sebesar 38%
3. Pelajar dan mahasiswa (student) diperkirakan 15%
4. Manula (Old people) sebesar 7%
5. Lain-lainnya (TNI/POLRI, dan pejabat pemerintah) sebesar 15%

Dari data diatas sebagianbesar konsumen Indonesia Yogyakarta memeng dapat dikategorikan menengah keatas , hal ini dapat diklasifikasikan bahwa sebagian besar pelaku bisnis selalu menggunakan angkutan penerbangan Garuda Indonesia, juga dosen terbang yang selalu menginginkan ketepatan dan kecepatan waktu dan untuk petinggi TNI dan POLRI juga pejabat pemerintah pun selalu menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia.